Belajar Java, Membuat Program Mencari Luas dan Keliling Segitiga

ok kawan-kawan,, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi ilmu yg saya dapat akhir-akhir ini..

saya mau berbagi cara membuat program mencari luas dan keliling segitiga, jadi kurang lebih tampilannya akan seperti iniUntitled

saya anggap kalian semua udah bisa membuat tampilan form seperti diatas ya:D

untuk bagian text field, saya ganti semua variable name nya dengan txt1, txt2, txt3 dan txtsisi. untuk yang lainnya itu terserah anda..

lalu, masukan coding untuk menghitung sisi segitiga dengan double click button hitung sisi dan inputkan:

Double inputan1=Double.parseDouble(txt1.getText());
Double inputan2=Double.parseDouble(txt2.getText());
Double s= (inputan1*inputan1)+(inputan2*inputan2);
Double m=Math.sqrt(s);
String sm=Double.toString(m);
txtsisi.setText(sm);

setelah itu, untuk mencari keliling segitiga, anda masukan coding berikut dengan cara yang sama. seperti berikut:

Double inputan1=Double.parseDouble(txt1.getText());
Double inputan2=Double.parseDouble(txt2.getText());
Double inputan3=Double.parseDouble(txtsisi.getText());
Double k=inputan1+inputan2+inputan3;
String K=Double.toString(k);
txt4.setText(K);

lalu, kita cari luas dari segitiga tersebut dengan code berikut ini:

Double inputan1=Double.parseDouble(txt1.getText());
Double inputan2=Double.parseDouble(txt2.getText());
Double hasil;
hasil =inputan1*inputan2*0.5;
String jumlah=Double.toString(hasil);
txt3.setText(jumlah);

 

untuk button reset dan exit, masukan kode berikut ini dengan cara yg sama seperti sebelum-sebelumnya:

txt1.setText(null);
txt2.setText(null);
txt3.setText(null);
txt4.setText(null);
txtsisi.setText(null);

 

System.exit(WIDTH );

 

setelah itu, silakan anda praktikan dan beritahu saya bila ada yg salah:D

semoga dapat membantu:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *